Sabtu, 02 April 2011

BELAJAR SPERMA ( part 2) ^_^

naah...teman-teman..mari kita belajar tentang sperma lebih jauh,,,,hhoo

sperma = spermatozoa = gamet jantan dihasilkan dalam gonad jantan, disebut Testis. proses pembentukan sperma disebut Spermatogenesis. spermatogenesis terdiri dari 3 tahap, yaitu :
1. Spermatocytogenesis, yaitu proses perbanyakan. spermatogonia mengalami mitosis berkali-kali sehingga menjadi spermatogonia yang siap mengalami meiosis.

2. Meiosis, yaitu proses pembelahan reduksi

3. Spermiogenesis, yaitu transformasi spermatid menjadi spermatozoa.

ada bermacam-macam bentuk sperma. tentunya setiap spesies beda bentuk spermanya.
spermatozoa dihasilkan setiap hari, kecuali pada hewan yang mengalami musim kawin.spermatozoa diprodusi jutaan ekor setiap hari oleh kedua belah testis..waw..kok bisa??bisa donk..karena dalam testis terdapat 250 kamar yang disebut lobula testis, dan dalam setiap lobula terdapat 1-3 tubuli seminiferi (saluran penghasil mani) yang bergulung banyak sekali...ga heran kan kenapa jumlah sperma banyak sekali...jumlah yang banyak ini juga nantinya akan berhubungan dengan proses fertilisasi lho..

sperma juga mempunyai bau yang khas,,tajam tapi tidak busauk...kalo baunya busuk berarti sperma rusak,mungkin juga ada bakterinya jadi infeksi deh..
struktur sperma yang normal bisa temen-temen liat dibuku referensi yaa,,hhoo

sekarang kita beranjak ke Faktor Subur dan Mandul :
pria menjadi subur atau fertil oleh banyak faktor. jika faktor itu tidak ada atau tak beres bekerja maka orang jadi mandul. faktor subur itu ialah :
1. genetis
2. anatomi
3. hormon
4. saraf
5. immunitas
6. penyakit
7. kebiasaan berlebih
8. lingkungan
9. penyaluran semen
10 kandungan semen.


Genetis
susunan kromosom normal dan gen normal akan menghasilkan seorangh pria yang bergenitalia serta berhormon normal, jika terdapat kelainan maka akan menimbulkan kemandulan, contohnya pada kasus sindroma klinefertr, sindroma down dll

Anatomi
susunan anatomi merupakan faktor penting lho dalam kesuburan. susunan anatomi ini dipengaruhi oleh genetis. jika anatomi pada genitalia mengalami keanehan akan menimbulkan gangguanm terhadap fertilitas.contohnya Cryptorchidism, ini merupakan kelainan pada testis, jadi testisnya tidak turun ke scrotum. testisnya kecil, spermatogenesis tidak sempurna, sehingga azoozpermia.

Hormon
tentunya hormon sangat berpengaruh saat spermatogenesis. hormonlah yang merangsang organ untuk melakukan spermatogenesis.

Saraf
gangguan pada susunan saraf terutama yang berhubungan dengan genitalia dapat menimbulkan kemandulan. contohnya impotensi, yang disebabkan oleh gangguan psikis atau persarafan yang menuju ke genitalia luar. penyaluran dan eyakulasi semen ke dalam tubuh wanita akan tidak normal, sehingga jadi infertil.

Kebiasaan Berlebihan
terlalu banyak meroko dan minum minuman keras sering ditemukan mempengaruhi faktor kesuburan. peroko berat (20-40 batang sehari) sering ditemukan  jadi infertil. dalam experimen ditemukan bahwa nikotin mempengaruhi motilitas sperma. juga alkohol.
so buat temen-temen yang terlanjur kecanduan rokok,,di stop ya pelan-pelan...^_^

Lingkungan
kita harus hati-hati ni,,ternyata lingkungan juga berpengaruh besar bagi kesuburan pria. intinya mah pria ga boleh stress (kho kaya wanita aja ya ga boleh stress..hhee).. jika pria stress maka akan menurunkan kegiatan spermatogenesis testisnya...

itu aja yang bisa saya tulis disini...buat temen-temen yang mau belajar lebih banyak dan lengkap,, masuk biologi ajah..hhee,,,canda,,,temen-temen baca aja buku Reproduksi dan Embryologi...seru bukunya ^_^

3 komentar:

  1. WAh seru tuh.. besok pinjem yah buku Reproduksi dan Embryologi.. ok iihiii

    BalasHapus
  2. Betway casino & mobile app review (2021) - Mapyro
    Find out how to register 용인 출장안마 and bet on Betway mobile app for iOS and 과천 출장마사지 Android, betway mobile app 전라북도 출장샵 for iOS. Betway 동해 출장샵 is one of the top 동두천 출장샵 sports betting

    BalasHapus